Jumat, 21 Desember 2012

Fonon

Fonon atau gelombang bunyi dikenal dalam fisika kuantum sebagai salah satu bahasan terpenting dalam osilator harmonik.dimana gelombang bunyi di pandang sebagai parikel pada dualisme gelombang partikel. fungsi gelombang pertama kali diciptakan oleh fisikawan Austria Erwin Schrodinger. Fonon pada dasarnya tidak dapat kita lihat dan kita rasakan, namun dapat kita dengar pada batasan pendengaran manusia seperti yang anda pelajari sewaktu MA, sehingga untuk dapat mempelajarinya kita harus dapat membayangkan seperti apa fonon seperti yang  para ilmuan fisika tuliskan dalam hasil penelitiannya.
dalam bahasan lain,fisika zat padat mengalami perkembangan pesat setelah ditemukan Sinar-X dan keberhasilan di dalam memodelkan susunan atom dalam kristal. Atom-atom atau molekul–molekul dapat berbentuk kisi kristal melalui gaya tarik menarik (gaya coulomb). Kisi–kisi tersebut tersusun secara priodik membentuk kristal. Atom–atom yang menyusun zat padat bervibrasi terhadap posisi keseimbanganya sehingga kisi–kisi kristal pun ikut bervibrasi. Fenomena yang muncul dari kuantisasi sistem fisika zat padat tetapi memiliki perbedaan energi dengan panjang gelombang lebih panjang dibanding gelombang elektromagnetik disebut fonon. Energi kuantum dari vibrasi gerak dalam medan gelombang elastis dapat dianalogikan seperti dalam foton dalam gelombang elektromagnetik.

Berbagai bahasan fenomenal didapatkan jika anda tertarik untuk mempelajari ini, dalam buku fisika kuantum (mekanika kuantum) menjadi bahasan mendasar. sebagai bahan referensi tambahan bisa di baca - baca ebook nya gasiorowicz_-_quantum_physics.pdf dan Quantum Mechanics Demystified - A Self-Teaching Guide (McGraw-Hill, 2006)(ISBN 0071455469), David McMahon.pdf search saja di 4shared.com insyallah ada. Contoh gambar lattice wave fonon 2D lihat gambar di bawah:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Pariadi | Sungsum Balangan - Fisika | UNLAM FMIPA, Banjarbaru - 2013