Rabu, 26 Desember 2012

Nano Struktur

Pada tahun 2012  para peneliti ramai melakukan penelitian dan pengembangan bahan karbon struktur nano dengan teknologi lapisan tipis dikombinasi dengan teknik nuklir, yang nantinya dapat diaplikasikan sebagai bahan penyusun piranti sensor. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan yang telah dilakukan sejak tahun 2010 yang didanai dari program  insentif PKPP – Ristek, dengan menggunakan bahan berbasis lapisan tipis CVD-diamond. Agar lebih sejalan dengan sasaran Renstra PTBIN BATAN bidang kesehatan, pada penelitian tahun 2012 akan dilakukan litbang bahan karbon struktur nano menggunakan bahan berbasis karbon/grafit, yang dapat diaplikasikan sebagai bahan penyusun piranti sensor biomedis pada sistem microfluidic di tahun penelitian mendatang.
Penggunaan karbon sebagai bahan utama pada kegiatan ini dilatarbelakangi oleh adanya data-data yang menunjukkan keunggulan-keunggulan sifat karbon, terutama yang mendukung aplikasi bahan karbon sebagai piranti sensor. Salah satu sifat unggul dari bahan karbon yang terkait dengan aplikasinya sebagai sensor adalah sifat elektrik dan sifat magnetoresistance, dimana sifat-sifat ini banyak dipengaruhi oleh komposisi bahan dan parameter proses pembuatan bahan. Selain itu, pengembangan bahan karbon dalam bentuk struktur nano diharapkan dapat memunculkan dan menghasilkan sifat ataupun fenomena baru yang unggul dan mendukung aplikasi bahan karbon sebagai bahan penyusun piranti sensor. Dalam penelitian ini, penyiapan bahan struktur nano berbasis karbon dilakukan dengan teknik fisika deposisi (Physical Vapor Deposition : PVD). contoh gambar struktur nano:

Selanjutnya, modifikasi dan peningkatan sifat bahan dilakukan dengan memanfaatkan teknik nuklir yaitu teknik implantasi ion, untuk memunculkan dan memperoleh sifat-sifat elektrik dan magnetik yang unggul pada bahan karbon yang memenuhi syarat sebagai bahan penyusun piranti sensor biomedis, antara lain adalah resistifitas, magnetoresistance dan sensitifitas terhadap perubahan lingkungan. Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat diperoleh lapisan tipis karbon struktur nano yang memiliki sensitivitas tinggi sehingga mampu dipakai sebagai bahan penyusun piranti sensor kesehatan untuk objek biomedis pada sistem microfluidic, contohnya terhadap larutan DNA non spesifik atau dynabeads sheep anti Rabbit IgG.
Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan berbagai fasilitas yang ada di PTBIN-BATAN dan juga berbagai laboratorium di lingkungan BATAN (PTAPB-BATAN), ataupun institusi lain seperti ITB, Unair, UNM Malang dan UGM.

sumber: http://pkpp.ristek.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Pariadi | Sungsum Balangan - Fisika | UNLAM FMIPA, Banjarbaru - 2013